Perkiraan Hitungan Biaya Bangun Rumah Mewah 2 Lantai Di Kampung


Membangun rumah impian adalah pekerjaan yang sangat besar sehingga memerlukan perencanaan yang matang. Perencanaan ini dilakukan agar proses pembangunan bisa berjalan lancar dan sesuai dengan budget yang telah dipersiapkan. Berbagai desain rumah dapat Anda pilih sesuai keinginan, salah satunya rumah 2 lantai. Tahukah Anda berapa biaya bangun rumah mewah 2 lantai di kampung saat ini?

Konsep hunian mewah semakin tren di tengah masyarakat. Rumah mewah biasanya mengedepankan ukurannya yang besar, megah dan modern. Tidak selalu di wilayah perkotaan, Anda bisa mewujudkan rumah impian yang mewah di perkampungan. Selain alamnya masih asri, harga tanah di kampung juga relatif murah sehingga bisa menghemat biaya pembangunan.

Estimasi Biaya Bangun Rumah Mewah 2 Lantai Di Kampung


Pada dasarnya biaya bangun rumah mewah 2 lantai di kampung dapat dihitung dengan beberapa cara. Hal ini tergantung pada luas rumah, desain yang diinginkan dan yang lainnya. Untuk lebih jelasnya, berikut perkiraan biaya pembangunan rumah mewah yang bisa Anda jadikan referensi!

Perhitungan Umum Biaya Bangun Rumah 2 Lantai

Cara pertama untuk menghitung biaya bangun rumah adalah dengan mengetahui perhitungannya secara kasar. Informasi biaya ini bisa Anda dapatkan langsung dari rekan-rekan yang sebelumnya baru membangun rumah atau dari kenalan lainnya. Selain itu, jangan lupa untuk menghitung biaya pengeluaran membeli perlengkapan rumah tangga.

Perhitungan umum biaya bangun rumah juga bisa dilihat berdasarkan luas bangunan. Jadi semakin luas bangunan yang ingin dibuat maka semakin besar pengeluaran biayanya. Berikut perkiraan rincian biaya berdasarkan luas rumah!

  • Luas Bangunan 100 m2 membutuhkan biaya kurang lebih Rp. 300 juta – Rp. 350 juta
  • Luas Bangunan 101-300 m2 membutuhkan biaya kurang lebih Rp. 325 juta – Rp. 375 juta
  • Luas Bangunan 301 m2 keatas membutuhkan biaya kurang lebih Rp. 350 juta – Rp. 400 juta

Perhitungan Berdasarkan Harga Satuan

Banyak sekali elemen-elemen yang diperlukan untuk membangun rumah, apalagi jika Anda ingin membangun rumah mewah 2 lantai. Dari material-material yang dibutuhkan tersebut Anda bisa menghitung berapa besar biaya pembangunannya. Namun sebelum membuat rincian biayanya sebaiknya lakukan langkah-langkah berikut terlebih dahulu!

  • Survey atau mencari tahu daftar harga material bangunan dan upah pekerja yang terbaru
  • Membuat denah rumah mewah 2 lantai sesuai keinginan
  • Buat rincian material yang dibutuhkan berdasarkan luas bangunan rumah
  • Membuat flow kerja pembangunan rumah mewah 2 lantai
  • Membuat rincian jumlah harga keseluruhan

Setelah melakukan langkah-langkah tersebut, yang harus Anda perhitungan kira-kira mulai dari pondasi, struktur, dinding lantai 1 dan lantai 2, rangka atap, plafon, atap, instalasi listrik, instalasi air dan finishing. Jika sudah mengetahui harga satuannya tinggal mengalikan dengan jumlah material yang dibutuhkan.

Perhitungan Berdasarkan Per Meter Persegi

Perkiraan biaya bangun rumah juga bisa dilakukan berdasarkan hitungan per meter persegi. Pertama-tama, pastikan Anda sudah mencari tahu berapa besarnya di lingkungan tempat membangun rumah. Sebagai contoh, Anda ingin membangun rumah mewah 2 lantai dengan ukuran lantai bawah 60 m2 dan lantai atas 40 m2. Sehingga total luasnya 100 m2.

Misalnya untuk membangun rumah seluas 60 m2 budget yang dibutuhkan di kisaran Rp. 6 juta per meter persegi. Dengan luas bangunan 100 m2, Anda tinggal mengalikan 100 m2 x 6 juta sehingga biaya yang dibutuhkan sebesar 600 juta. Setelah mengetahui biaya bangun rumah mewah 2 lantai di kampung ini Anda tinggal menjumlahkannya dengan rincian biaya lain yang sudah dibuat.