Biaya Membangun Rumah Di Desa Dengan Konsep Minimalis


Biaya membangun rumah di desa
Mewujudkan rumah impian bersama keluarga bukanlah hal yang mudah. Semuanya membutuhkan perencanaan dan perhitungan yang sangat matang sejak awal. Membangun rumah di kota ataupun di desa pada dasarnya sama saja. Yang terpenting Anda sudah membuat rencana anggaran biaya dengan baik sehingga proses pembangunan bisa berjalan mulus.

Ada banyak tipe rumah yang bisa Anda pilih untuk mendapatkan rumah idaman di pedesaan. Dengan suasana alam yang asri, Anda tentunya bisa lebih nyaman tinggal disana. Salah satu tipe rumah yang cocok dibangun di desa adalah rumah berukuran 6x12. Tipe rumah ini kerap dipilih oleh sebagian besar masyarakat dan cocok untuk semua kalangan baik keluarga kecil hingga sedang.

Ukuran Rumah 6x12 Yang Cocok Di Desa


Rumah berukuran 6x12 akhir-akhir ini banyak dipilih masyarakat sebagai tempat tinggal. Rumah 6x12 merupakan sebuah bangunan yang mempunyai luas kurang lebih 72 m2 atau 6 m x 12 m. Biasanya rumah ini dibangun diatas lahan seluas 100 m2 atau tergantung lahan yang dimiliki. Dengan penataan ruangan yang tepat, tipe rumah ini bisa memberikan tampilan hunian minimalis yang modern.

Konsep minimalis dari waktu ke waktu semakin diminati. Apalagi hunian seperti ini terlihat lebih modern dengan desain kekiniannya. Selain itu, biaya yang tidak begitu besar dalam proses pembuatannya menjadi alasan lain kenapa rumah minimalis kian menjamur di kalangan masyarakat.

Desain Rumah 6x12 Yang Dibangun Di Desa


Saat ini rumah berukuran 6x12 bisa dibuat 1 lantai atau 2 lantai. Namun jika Anda menginginkannya menjadi 2 lantai maka biaya membangun rumah di desa dengan ukuran 6x12 akan lebih besar. Maka dari itu untuk Anda yang memiliki dana terbatas sebaiknya cukup memilih membangun 1 lantai saja. Pada umumnya dengan ukuran minimalis ini rumah 6x12 sudah memenuhi standar hunian.

Desain rumah 6x12 sangat cocok dibangun di desa dengan fasilitas yang bisa dibilang cukup lengkap. Di dalamnya sudah termasuk kamar tidur utama, kamar tidur ukuran biasa, kamar mandi, ruang keluarga yang cukup besar, ruang tamu, dapur dan teras berukuran minimalis. Penataan ruang tersebut bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan dalam pembuatannya.

Biaya Membangun Rumah Di Desa Berukuran 6x12


Biaya membangun rumah di desa berukuran 6x12 dengan konsep minimalis akan lebih murah dibandingkan membangun rumah di tengah kota. Apalagi harga tanah di pedesaan masih terjangkau sehingga tidak akan memakan banyak anggaran. Agar lebih mudah, pastikan Anda membuat rincian biaya sedetail mungkin. Berikut referensi daftar biaya yang Anda perlukan untuk membangun rumah!

  • Biaya pengerjaan dan persiapan kurang lebih Rp. 2.000.000,-
  • Biaya pengerjaan tanah dan pembuatan pondasi bangunan kurang lebih Rp. 30.000.000,-
  • Biaya pengerjaan struktur beton dan dinding kurang lebih Rp. 50.000.000,-
  • Biaya pengerjaan kusen, pintu dan jendela kurang lebih Rp. 25.000.000,-
  • Biaya pengerjaan plafon, lantai dan keramik kurang lebih Rp. 10.000.000,-
  • Biaya pengerjaan sanitasi dan elektrikal kurang lebih Rp. 22.000.000,-
  • Biaya pengerjaan pengecatan dan ornamen rumah kurang lebih 4.500.000,-

Dari rincian diatas total biaya membangun rumah di desa berukuran minimalis kurang lebih 143 juta. Biaya ini belum termasuk tanah. Jika Anda memiliki lahan kosong di desa tidak ada salahnya untuk memanfaatkannya sebagai lahan pembangunan. Menyiasati lahan yang terbatas, Anda dapat membangun rumah berukuran 6x12 menjadi 2 lantai.