10 Tips Menata Rumah Minimalis Agar Tampak Luas Dan Elegan


Menata interior rumah terkadang bukan hal yang mudah, terutama jika Anda memiliki hunian minimalis. Rumah minimalis yang identik dengan ukuran mungil ini dalam penataannya harus diperhatikan dengan baik. Jangan sampai interior rumah menjadi terkesan sempit dan membatasi aktivitas. Menyiasati hal tersebut, sangat penting untuk Anda mengetahui apa saja tips menata rumah minimalis.

Tips Menata Rumah Minimalis Agar Luas Dan Terlihat Elegan


Area hunian yang terbatas tidak jarang membuat pemilik rumah minimalis kesulitan untuk menata ruangan dan furniturenya. Kesalahan dalam menata rumah ini bisa menjadikan ruangan terlihat berantakan dan sempit. Berikut ini 10 tips menata rumah minimalis yang bisa Anda lakukan untuk membuat rumah tampak luas dan terlihat elegan!

Pilih Perabotan Multifungsi

Banyaknya perabotan di rumah bisa membuat ruangan terlihat sempit. Untuk menyiasatinya Anda bisa menggunakan furniture yang multifungsi. Misalnya penggunaan meja makan lipat atau tempat tidur yang memiliki banyak laci atau kompartemen lainnya.

Minimalisir Penggunaan Sekat

Terlalu banyak sekat di dalam rumah hanya akan membuat ruangan semakin kecil. Sebaiknya kurangi penggunaan sekat. Biarkan ruangan terlihat terbuka agar pandangan mata lebih luas. Jika dibutuhkan, Anda bisa menggunakan alternatif lain dengan menambahkan lemari, rak buku atau pintu lipat.

Maksimalkan Penataan Secara Vertikal

Di dalam rumah, salah satu ruangan yang sering menghabiskan banyak space yaitu dapur. Dapur memiliki perabotan yang cukup banyak sehingga membuat rumah terkesan sempit. Untuk mengakalinya, sebaiknya gunakan rak tinggi dengan banyak laci dan sekat.

Susun bumbu dapur dan perabotan memasak sesuai kebutuhan agar lebih rapi. Maksimalkan penataan dan penyimpanan perabotan secara vertikal untuk memberikan kesan lebih luas dan memudahkan mencari barang.

Gunakan Cat Atau Wallpaper

Tips menata rumah minimalis selanjutnya adalah pemilihan warna cat tembok dan motif wallpaper. Untuk rumah minimalis pilihlah warna-warna yang simple seperti putih, abu-abu, krem atau pastel. Hindari penggunaan motif wallpaper yang besar dan warnanya yang mencolok.

Gunakan Box Penyimpanan

Barang-barang kecil yang tidak ditata dengan baik dapat membuat rumah terlihat berantakan. Solusinya, Anda bisa menggunakan box penyimpanan untuk barang-barang tersebut. Ada banyak pilihan warna dan bentuk box penyimpanan yang bisa Anda sesuaikan dengan konsep ruangan agar terlihat senada.

Sesuaikan Ukuran Furniture

Membeli furniture besar tanpa mempertimbangkan ukuran ruangan merupakan kesalahan yang jarang disadari oleh pemilik rumah. Pastikan sebelum membeli furniture Anda sudah mengukur besarnya ruangan. Jangan sampai ruangan sempit dipenuhi perabotan dan tidak menyisakan ruang gerak.

Aksesoris Dan Dekorasi Elegan

Aksesoris dan dekorasi banyak disepelekan oleh pemilik rumah. Penataan rumah minimalis bisa dilakukan dengan menambahkan aksesoris rumah yang tepat. Misalnya memilih tema rumah tertentu, menambahkan bingkai-bingkai foto, menggunakan bantal empuk di sofa atau penggunaan vinyil.

Pintu Sebagai Alternatif Penyimpanan

Pintu bisa dijadikan tempat untuk menyimpan barang-barang atau perabotan pembersih seperti sapu, pel, sabun, sikat atau cairan pembersih meja. Gunakanlah gantungan atau rak kecil di belakang pintu, susun barang sesuai fungsinya agar lebih mudah mencarinya.

Maksimalkan Penerangan Yang Tepat

Memilih lampu yang tepat dapat memberikan sentuhan elegan untuk rumah minimalis. Maksimalkan penggunaan penerangan di dalam rumah dan jangan ragu untuk bereksperimen dengan berbagai lampu hias. Penerangan yang tepat bisa menghadirkan kesan ruangan lebih hangat dan nyaman.

Rutin Membersihkan Rumah

Tips menata rumah minimalis yang terakhir adalah rutin membersihkan rumah. Buatlah jadwal rutin untuk membereskan perabotan di dalam rumah. Pilih barang-barang yang masih terpakai atau yang ingin disumbangkan agar tidak memenuhi ruangan.