Cara Menghitung Biaya Bangun Rumah Agar Tidak Over Budget


Setiap orang tentu memiliki rumah impian masing-masing. Dengan desain dan konsep sesuai keinginan, rumah akan menjadi tempat tinggal paling nyaman bersama keluarga. Untuk dapat mewujudkan rumah impian terdapat serangkaian proses yang penting untuk Anda ketahui. Mulai dari desain pilihan, konsep yang akan diusung sampai cara menghitung biaya bangun rumah itu sendiri.

Berbicara tentang biaya, dalam proses pembangunan rumah ada banyak dana yang harus dikeluarkan. Apalagi jika rumah impian yang Anda inginkan mempunyai berbagai karakteristik tertentu, tentu biayanya tidak sedikit. Dalam proses pembangunan, perencanaan biaya sangatlah dibutuhkan. Salah satu tujuannya agar biaya yang dikeluarkan sesuai dengan budget yang dimiliki.

Simulasi Lengkap Cara Menghitung Biaya Bangun Rumah Dengan Mudah!


Perhitungan biaya bangun rumah harus dibuat sedetail mungkin. Pastikan semua kebutuhan dan keinginan dalam membangun rumah impian Anda sudah dimasukkan. Sehingga kedepannya Anda tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan lainnya. Berikut simulasi cara menghitung biaya bangun rumah dengan mudah yang bisa Anda jadikan referensi!

Catat Semua Pengeluaran Biaya

Untuk mendapatkan hasil sesuai keinginan, perencanaan yang matang sangat dibutuhkan dalam pembangunan rumah. Perencanaan sebelum membangun rumah harus Anda masukkan ke dalam RAB pembangunan. Di dalamnya Anda bisa membuat rincian dengan detail mulai dari harga material, biaya jasa tukang, jasa desain interior dan yang lainnya.

Pahami Manfaat Rancangan Anggaran

Pahami apa saja manfaat dari pembuatan rancangan anggaran biaya. Salah satunya Anda bisa mendapat gambaran yang lebih detail mengenai apa saja yang dibutuhkan untuk membangun rumah impian. Sebaiknya Anda masukkan informasi sedetail mungkin desain rumah, harga material kasar dan halus hingga penggunaan jasa tukang harian atau borongan.

Gambarkan Desain Dan Ukuran Rumah

Selanjutnya, Anda bisa membuat desain dan ukuran rumah yang diinginkan. Silahkan tentukan ukuran rumah. Perlu Anda ketahui bahwa ukuran rumah ini tidak sama dengan luas tanah. Jika Anda mampu memberikan keterangan yang lengkap mengenai desain dan ukurannya, maka perhitungan biaya bangun rumah akan lebih mudah.

Hitung Biaya Bangun Rumah Per Meter

Cara menghitung biaya bangun rumah bisa Anda lakukan dengan membuat estimasi perhitungan biaya per meternya secara menyeluruh. Dengan perhitungan per meter persegi, Anda akan lebih mudah untuk memperkirakan total anggaran yang diperlukan. Berikut contoh simulasi perhitungan biaya bangun rumah per meter dengan ukuran menengah yang bisa Anda jadikan referensi!

  • Panjang x Lebar (40 m x 10 m) = 400 m2
  • Biaya membangun rumah per meter persegi di kisaran Rp. 5.000.000
  • Total anggaran biaya membangun rumah = Ukuran rumah x total biaya bangun rumah per m2, sehingga 400 m2 x Rp. 5.000.000 = Rp. 2 miliar

Masukkan Biaya Diuar Pembangunan

Selain rincian perhitungan yang paling mendasar, Anda juga harus memasukkan biaya tidak terduga diluar pembangunan. Biaya diluar pembangunan termasuk dana untuk pembelian furniture dan dekorasi rumah. Selain itu, ada juga biaya pajak rumah, biaya administrasi rumah baru, pengurusan IMB dan yang lainnya.

Cara mengitung biaya bangun rumah akan sangat mudah dilakukan jika Anda tahu dasar-dasar dalam perhitungannya. Untuk itu, sebaiknya Anda melakukan survey harga lapangan terlebih dahulu sebelum membuat rincian pembiayaan dalam membangun rumah impian. Apalagi untuk material dan bahan bangunan biasanya harganya akan berubah-ubah.