Informasi Lengkap Biaya Bangun Rumah Di Kampung


Butuh biaya yang tidak sedikit untuk mendapatkan rumah impian setiap orang. Apalagi jika Anda menginginkan rumah dengan material atau desain tertentu. Hal ini rupanya mempengaruhi besar kecilnya dana yang harus dikeluarkan untuk proses pembangunan. Tapi bagaimana dengan biaya bangun rumah di kampung? Apakah bisa lebih murah? Simak ulasan di bawah ini!

Rencana pembiayaan untuk bangun rumah penting untuk dilakukan sejak dini agar proses pembangunan bisa lebih lancar tanpa terkendala. Perhitungan biaya bangun rumah ini bisa dijadikan acuan untuk Anda dalam membuat rincian biaya sendiri. Dengan kemampuan dalam memperkirakan biaya pembangunan rumah, kedepannya Anda dapat melihat seberapa besar nilai properti yang dimiliki.

Persiapan Biaya Bangun Rumah Di Kampung


Sebelum mengetahui rincian biaya bangun rumah di kampung, langkah awal yang harus Anda lakukan adalah membuat persiapan. Persiapan disini bertujuan agar proses pembangunan rumah yang diinginkan berjalan dengan lancar. Lalu apa saja persiapan yang harus dilakukan sebelum membangun rumah?

Menetapkan Tipe Rumah

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menetapkan tipe rumah yang ingin dibangun. Ada banyak tipe rumah yang bisa Anda pilih. Dalam proses pembangunan, semakin banyak keinginan desain atau konsep rumah yang kerap berubah maka biayanya akan semakin mahal. Silahkan tetapkan tipe sesuai dengan budget yang dimiliki.

Menghitung Kebutuhan

Setiap kebutuhan rumah harus Anda hitung secara detail satu per satu. Perlu Anda ketahui bahwa membangun rumah tidak sesederhana yang dibayangkan, sehingga rincian biayanya harus betul-betul detail. Pastikan Ada sudah mengalukasi jumlah kebutuhan dan besar ruangan yang ingin dibuat dalam rumah. Termasuk mengenai material, aksesoris ataupun dekorasi lain yang akan digunakan.

Siapkan Dana

Setelah menentukan tipe rumah yang ingin dibangun dan menghitung semua kebutuhan rumah satu per satu, langkah selanjutnya adalah menyiapkan dana. Dana yang disiapkan harus lebih dari perhitungan awal karena dalam proses pembangunan rumah biasanya lebih dari prediksi. Siapkan 10% dari anggaran utama untuk dijadikan dana cadangan.

Rincian Biaya Bangun Rumah Di Kampung


Proses pembangunan rumah bisa dilakukan sesuai keinginan pemiliknya, mulai dari konsep yang diusung, desain rumah, model, ukuran dan yang lainnya. Yang tengah trend saat ini yaitu hunian minimalis. Anda bisa membangun rumah minimalis di kampung tanpa harus memakan banyak anggaran. Berikut informasi lengkap rincian biaya bangun rumah di kampung sebagai referensi!

Persiapan

Biaya persiapan ini merupakan pekerjaan persiapan yang biasanya terdiri dari pembersihan lokasi pembangunan dan pemasangan bouwplank. Biaya persiapan untuk bangun rumah di kampung membutuhkan anggaran dana kurang lebih Rp. 2.000.000.

Tanah Dan Pondasi

Selanjutnya untuk biaya pengerjaan tanah dan pondasi membutuhkan anggaran dana kurang lebih Rp. 30.000.000. Dana ini sudah termasuk pengerjaan galian tanah, pembuatan pondasi dari beton sampai urugan tanah. Jika Anda ingin membeli tanah, harganya akan jauh lebih mahal.

Struktur Beton

Terkait pengerjaan struktur beton membutuhkan dana kurang lebih Rp. 26.000.000. Namun dana tersebut biasanya akan disesuaikan kembali dengan harga besi saat ini. Mengingat harga material seringkali berubah-ubah.

Dinding, Lantai Dan Keramik

Pengerjaan dinding sebenarnya tergantung dari pemilik, apakah dinding yang digunakan berupa batako, hebel atau batu bata merah. Jika menggunakan batu bata merah, anggaran yang diperlukan kurang lebih Rp. 14.500.000. Sedangkan untuk lantai dan keramik membutuhkan dana sekitar Rp. 8.000.000.

Tenaga Kerja

Tenaga kerja yang digunakan bisa menggunakan sistem harian atau borongan. Kisaran harga tenaga kerja untuk biaya bangun rumah di kampung sangat bervariasi. Jika menggunakan sistem harian, upah yang harus Anda keluarkan di kisaran 150-200 ribu.