Estimasi Rincian Biaya Bangun Rumah 50 Juta Yang Layak Huni


Membangun rumah impian bukanlah suatu perkara yang mudah. Dalam proses pembangunannya membutuhkan perencanaan serta perhitungan yang matang. Biaya membangun rumah seringkali menjadi kendala untuk mendapatkan rumah sesuai keinginan. Tidak perlu khawatir, di era yang serba modern seperti sekarang dengan biaya bangun rumah 50 juta Anda bisa mendapatkan rumah bagus.

Berbicara tentang membangun rumah apalagi dari nol yang terbayang di benak kita adalah biayanya yang mahal. Apalagi ada banyak material yang harus dibeli dan membayar upah pekerja tidaklah murah. Namun siapa sangka saat ini budget 50 juta dapat memberikan hunian sesuai keinginan. Meskipun dengan budget yang terbatas, Anda tetap bisa membangun rumah yang cantik dan layak huni.

Estimasi Biaya Bangun Rumah 50 Juta Yang Layak Huni


Salah satu tipe rumah yang bisa Anda bangun dengan dana terbatas adalah rumah minimalis. Rumah ini memiliki desain yang kekinian dan tidak menguras lahan. Meskipun minimalis, rumah berukuran mungil ini masih bisa memenuhi standar tempat tinggal yang terdiri dari kamar tidur besar, kamar tidur, kamar mandi, ruang keluarga dan dapur. Berikut estimasi biaya bangun rumah 50 juta untuk referensi!

Biaya Persiapan Dan Pondasi Rumah

Perkiraan biaya untuk membangun rumah yang pertama adalah biaya persiapan dan pondasi. Persiapan ini meliputi pengukuran dan pemasangan bowplank, kayu dan yang lainnya. Sedangkan untuk pondasi terdiri dari pembuatan galian sampai peletakan pondasi batu. Biaya yang diperlukan untuk persiapan dan pembuatan pondasi ini kurang lebih Rp. 6.000.000.

Biaya Pekerjaan Struktur Beton

Struktur beton yang dibutuhkan untuk membangun rumah meliputi beton sloof, beton plat lantai, beton kolom struktur utama, beton kolom praktis, ring balok dan pekerjaan cor dak beton. Semua kebutuhan beton ini membutuhkan anggaran dana kurang lebih Rp. 15.000.000.

Biaya Pemasangan Bata Dinding Dan Plafon

Selanjutnya yang harus diperhitungkan adalah biaya pemasangan bata dinding dan plafon. Untuk bata dinding biaya yang dibutuhkan kurang lebih Rp. 25.000.000. Sedangkan pengerjaan plafon rumah akan membutuhkan biaya sekitar Rp. 3.000.000.

Biaya Pengerjaan Keramik

Biaya pengerjaan keramik ini tergantung luas bangunan rumah yang diinginkan. Untuk rumah minimalis perkiraan biaya yang dibutuhkan kurang lebih Rp. 4.000.000. Anggaran ini belum termasuk untuk keramik lantai dan dinding.

Tips Cermat Manfaatkan Biaya Bangun Rumah 50 Juta


Biaya-biaya yang dibutuhkan dalam proses pembangunan bisa diminimalisasi dengan berbagai cara. Dana 50 juta bisa Anda gunakan untuk membangun rumah. Tapi pastikan Anda sudah tahu bagaimana cara memanfaatkan budget terbatas ini untuk mendapatkan tempat tinggal. Berikut tips cermat yang bisa Anda lakukan!

Manfaatkan Lahan Terbatas

Uang 50 juta dapat digunakan untuk membangun rumah dengan memanfaatkan lahan terbatas. Lahan yang diperlukan kurang lebih sekitar 40-60 m2. Di lahan tersebut, Anda bisa membangun rumah dengan konsep minimalis tipe 21-36.

Pilih Material Murah

Agar lebih menghemat budget sebaiknya pilihlah material yang murah. Anda tidak perlu lagi memakai material kelas satu untuk membangun rumah. Yang paling penting material tersebut bisa memenuhi standar kelayakan untuk sebuah bangunan.

Pilih Tukang Professional

Ledakan biaya bisa disebabkan karena terdapat bagian rumah yang tidak dikerjakan secara baik sehingga harus diperbaiki. Untuk menghindari hal tersebut, pastikan Anda memilih tukang yang professional dan berpengalaman sehingga pekerjaannya akan lebih baik.

Susunan Bangunan

Dengan biaya bangun rumah 50 juta Anda bisa menggunakan susunan bangunan yang tepat. Susunan bangunan ini terdiri dari dinding luar berupa batu bata yang dilapisi aci atau plester, penggunaan rangka atau baja ringan agar lebih murah dan bagian atap yang ditutup menggunakan gipsum rangka besi.