Perkiraan Hitung-Hitungan Biaya Bangun Rumah Minimalis




Rumah minimalis saat ini menjadi hunian populer di kalangan masyarakat Indonesia. Ukurannya yang minimalis tidak memakan lahan banyak menjadi salah satu alasan kenapa konsepnya lebih disukai. Terutama di wilayah perkotaan dimana lahan pembangunan semakin sempit. Berapapun ukurannya, sangat penting bagi Anda untuk mengetahui berapa biaya bangun rumah minimalis terbaru.

Biaya pembangunan rumah yang tidak sedikit bukanlah suatu halangan untuk mendapatkan hunian idaman. Ada banyak biaya yang harus diperhitungkan dengan baik saat Anda berencana ingin membangun rumah minimalis. Mulai dari biaya desain rumah, biaya tukang bangunan, biaya material sampai elemen rumah lainnya.

Rincian Lengkap Biaya Bangun Rumah Minimalis

Dengan adanya perhitungan biaya bangun rumah minimalis dari awal, konstruksi rumah bisa berjalan lancar dan tidak memakan biaya kebutuhan lainnya. Apakah Anda termasuk salah satu orang yang mengidamkan hunian minimalis dan berencana membangunnya sendiri? Jika ya, berikut rincian biaya yang bisa dijadikan estimasi pengeluaran dana pembangunan rumah!

Jasa Tukang Bangunan

Jasa tukang bangunan merupakan hal paling utama yang harus Anda cari. Kualitas tukang bangunan akan berpengaruh terhadap kualitas hunian yang akan Anda tempati nantinya. Untuk jasa tukang harian, kisaran biaya yang harus dikeluarkan kurang lebih sebagai berikut:

  • Tukang besi              Rp. 125.000
  • Tukang cat                Rp. 115.000
  • Tukang batu              Rp. 115.000
  • Tukang kayu              Rp. 115.000
  • Tukang gali                Rp. 80.000
  • Tukang besi beton    Rp. 115.000
  • Tukang listrik             Rp. 115.000
  • Asisten tukang          Rp. 90.000

Selain jasa harian, Anda bisa memilih untuk menggunakan jasa tukang bangunan secara borongan. Saat ini ada banyak pilihan jasa tukang borongan yang bisa Anda gunakan untuk membantu menciptakan hunian idaman minimalis.

Biaya Lahan Bangunan

Rumah minimalis yang banyak ditemukan saat ini tipe 36/70. Rincian biaya untuk lahan bangunannya sebagai berikut :

  • Jika harga tanah per m2 adalah Rp. 3.000.000, maka untuk membangun rumah seluas 75 m2 dibutuhkan biaya kurang lebih Rp. 230 juta (harga ini belum termasuk biaya pembangunan lainnya)

Biaya Bahan Bangunan


Rumah minimalis 1 lantai membutuhkan bahan bangunan yang berkualitas. Bahan bangunan yang diperlukan mencakup dinding, pondasi, genteng, struktur, atap, kusen jendela dan pintu, cat rumah dan lantai, instalasi listrik dan bagian finishing.

Biaya Umum


Sesuai namanya, rumah minimalis berarti ukurannya tidak begitu besar. Sehingga disini Anda bisa membuat rincian biaya pembangunan rumah berdasarkan biaya yang umum. Perhitungan biaya umum dilihat dari luas bangunannya dengan ketentuan kurang lebih sebagai berikut :

  • Untuk luas bangunan 100 m2 kisaran biayanya antara Rp. 350 juta – Rp. 455 juta.
  • Untuk luas bangunan 300 m2 kisaran biayanya antara Rp. 355 juta – Rp. 1,2 miliar.
  • Untuk luas bangunan diatas 300 m2 kisaran biayanya sekitar Rp. 1 miliar keatas.

Biaya Tambahan


Meskipun sudah dibuat rincian anggaran untuk estimasi pembangunan rumah, Anda tetap harus mempersiapkan dana tambahan. Pasalnya seringkali harga di lapangan jauh lebih mahal dari perkiraan. Apalagi harga bahan bangunan bisa berubah sewaktu-waktu.

Biaya tambahan ini sangat penting untuk menambah kebutuhan di beberapa bagian yang belum terpenuhi. Atau mungkin Anda menginginkan properti tambahan di ruangan tertentu seperti dapur atau ruang tamu.

Untuk tambahan biaya bangun rumah minimalis ini Anda bisa mempersiapkan dana sebesar 10% dari keseluruhan rincian yang dibuat. Dana 10% tersebut dapat dialokasikan sebagai dana darurat jika di tengah-tengah proses pembangunan ternyata membutuhkan dana lebih.