Tips Desain Rumah Minimalis Sederhana


Di era modern ini rumah minimalis merupakan salah satu trend yang cukup digemari, apalagi bagi kalangan milenial. Selain dapat menghemat lahan, sajian yang lembut dan kesan elegan pun terpancar dari rumah dengan desain rumah minimalis. Hal itulah yang menjadi alasan banyaknya orang yang memilih desain rumah minimalis.

Tips Memilih Desain Rumah Minimalis Yang Tepat

Model rumah minimalis sangatlah cocok untuk rumah-rumah yang berukuran kecil namun tetap terlihat menarik dan estetik. Namun meskipun begitu, Anda harus berhati hati dalam memilih konsep dan gaya rumah, karena jika terlalu berlebihan maka rumah akan terlihat tidak sesuai. Untuk itu perhatikanlah beberapa tips desain rumah minimalis berikut:


Memperhatikan Lahan Yang Akan Digunakan

Dalam membuat rumah, hal yang pertama diperhtikan adalah seberapa luas lahan yang akan dijadikan rumah. Karena dalam pembuatan rumah minimalis ini, tidak memerlukan lahan yang luas. Sekalipun ada kelebihan lahan, Anda bisa memanfaatkannya untuk taman bermain ataupun untuk taman berkebun. Yang terpenting akan memberikan kesan yang baik untuk rumah minimalis

Pemilihan Warna Cat Rumah Yang Sesuai

Warna cat rumah yang biasanya dipakai dalam konsep rumah minimalis sederhana menggunakan warna-warna cat dinding yang lembut, agar terlihat netral dan elegan. Selain untuk dinding, pemilihan warna lantai keramik juga sangat berpengaruh untuk tampilan rumah. 

Jika kita menggunakan warna lantai keramik yang cerah dapat menjadikan tampilan rumah lebih luas dan cerah. Untuk warna cat yang bioasa digunakan biasanya menggunakan warna cream, putih, abu-abu serta warna warna pastel lainnya.

Memiliki Ruang Sirkulasi Udara

Dalam pembuatan desain rumah sebaiknya jangan lupakan penempatan sirkulasi udara, hal ini sangat penting karena berpengaruh pada kesehatan penghuninya. Sinar mentari yang masuk kedalam ruangan berfungsi untuk membunuh virus-virus yang ada di dalam ruangan. Selain itu, hal ini akan memberikan efek dan kesan lebih terang dan luas.

Memperhatikan Dekorasi Untuk Ruangan-Ruangan

Hal yang terpenting selanjutnya yaitu dengan memperhatikan dekorasi untuk ruangan-ruangan. Memiliki desain rumah minimalis yang jelas dan rapi dapat menjadikan ruangan menjadi lebih terlihat bagus dan tertata rapi. 

Pilihlah dekorasi ruangan yang sesuai dengan selera agar ruangan terasa lebih nyaman. Anda pun bisa menambahkan hiasa wallpaper sebagai tambahan dekorasi ruangan. Perhatikan pemilihan warna dan corak dari wallpaper tersebut.

Pemilihan Furniture dan Aksesoris Rumah

Pilihlah furniture dan aksesoris rumah sesuai dengan konsep rumah minimalis. Pastikan furniture berbentuk sederhana, fungsional dan tidak berlrbihan. Hindari penggunaan furniture yang hanya bersifat pajangan saja, karena kebanyakan furniture hanya akan menjadikan ruangan semakin terasa lebih sempit dan sumpek.

Dalam penambahan aksesoris pun, sebaiknya gunakan aksesoris hanya untuk pemanis ruangan saja. Seperti penambahan vas bunga, lukisan, foto-foto dan sejenisnya yang sesuai dengan ukuran ruangan. Yang penting pola penataanya benar benar diperhatikan dengan benar. 

Pastikan memberikan kesan rapih, bersih dan nyaman. Dengan demikian akan memberikan sebuah tampilan yang berbeda. Kesan elegan dan mewah juga bisa terpancar.

Beberapa tips desain rumah minimalis yang tepat ini bisa menjadi rekomendasi bagi Anda dalam melakukan penaataan rumah. Dalam mendesain dan dekorasi rumah minimalis tentu saja sangat mudah untuk dilakukan. Yang penting disini paham konsep dan aplikasi yang tepat. Dengan begitu maka akan menciptakan sesuatu yang luar biasa. Rumah minimalis akan terlihat sangat elegan dan menjadi hunian terbaik.