Biaya Bangun Rumah Ukuran 6x12 1 Dan 2 Lantai

 


Akhir-akhir ini rumah minimalis sedang menjadi trend di kalangan masyarakat. Desain rumah minimalis menawarkan hunian yang layak bagi sebagian orang yang tinggal dengan keterbatasan lahan. Salah satu rumah minimalis yang banyak dibangun saat ini yaitu rumah ukuran 6x12. Sebelum mulai membangun, pastikan Anda sudah mengetahui berapa biaya bangun rumah ukuran 6x12.

Dengan membangun rumah sendiri, Anda bisa mendapatkan banyak keuntungan. Salah satunya desain dan konsep hunian yang diusung dapat disesuaikan dengan keinginan. Selain itu, pemilihan bahan material yang akan digunakan bisa Anda pilih sendiri. Satu hal penting yang tidak boleh terlewatkan saat akan membangun rumah yaitu menghitung rincian biayanya secara lengkap.

Berapa Biaya Bangun Rumah Ukuran 6x12 Per Meter?


Di Indonesia, rumah berukuran 6x12 bisa dibuat 1 atau 2 lantai. Namun jika Anda tertarik untuk menjadikan rumahnya 2 lantai, biaya bangun rumah ukuran 6x12 akan lebih mahal. Rumah berukuran 6x12 ini pada umumnya memiliki 1 kamar tidur berukuran biasa, 1 kamar mandi, ruang keluarga, dapur dan 1 kamar tidur utama. Berikut rincian biaya yang harus Anda persiapkan!

  • Biaya persiapan di kisaran Rp. 1.300.000,-
  • Biaya tanah dan pondasi di kisaran Rp. 31.500.000,-
  • Biaya struktur beton di kisaran Rp. 26.500.000,-
  • Biaya dinding di kisaran Rp. 14.300.000,-
  • Biaya kusen, pintu dan jendela di kisaran Rp. 24.000.000,-
  • Biaya lantai dan keramik di kisaran Rp. 2.700.000,-
  • Biaya plafon di kisaran Rp. 8.300.000,-
  • Biaya sanitasi di kisaran Rp. 19.650.000,-
  • Biaya elektrikal di kisaran Rp. 2.500.000,-
  • Biaya pengecatan di kisaran Rp. 3.700.000,-
  • Biaya ornamen di kisaran Rp. 350.000,-

Total biaya yang dibutuhkan untuk membangun rumah 6x12 kurang lebih Rp. 134.800.000. Rincian tersebut akan lebih besar dananya jika Anda hendak membangun rumah 6x12 2 lantai. Perlu diketahui bahwa rincian ini hanyalah gambaran untuk Anda yang ingin membangun rumah sendiri. Harga material yang berubah-ubah bisa mempengaruhi besar tidaknya pengeluaran budget dalam pembangunan.

Tips Hemat Biaya Bangun Rumah Ukuran 6x12

Biaya bangun rumah ukuran 6x12 yang dibutuhkan tidaklah sedikit. Anda harus mempersiapkan dana kurang lebih 100 juta. Tentunya biaya ini tidak mudah dikumpulkan dalam waktu yang singkat. Karena itu, ketika berencana membangun rumah sendiri Anda bisa mempertimbangkan tips hemat bangun rumah berikut ini!

Pilih tenaga kerja professional yang bisa negosiasi

Biaya tenaga kerja merupakan anggaran terbesar dalam proses pembangunan rumah. Agar lebih hemat, Anda bisa menggunakan teman atau kerabat yang sudah professional dalam masalah pembangunan. Salah satunya mandor dan beberapa kuli pembantu lainnya. Jasa dari kerabat dekat bisa dimanfaatkan untuk mengurangi pengeluaran dana tenaga kerja. Selain itu Anda bisa negosiasi harga dengan mudah.

Pertimbangkan bahan baku yang digunakan

Selanjutnya pilihan bahan baku dan material bangunan tidak membutuhkan biaya yang sedikit. Maka dari itu, Anda bisa mempertimbangkan untuk pemilihan bahan baku yang akan digunakan. Tips ini dapat dilakukan untuk menghemat biaya pembangunan. Sekarang sudah banyak pilihan material atau bahan berkualitas dengan harga terjangkau yang bisa Anda pilih.

Lokasi lahan pembangunan

Total keseluruhan biaya bangun rumah ukuran 6x12 sangat dipengaruhi oleh harga tanah. Semakin strategis lokasi yang Anda pilih untuk membangun rumah, biaya yang harus dipersiapkan kemungkinan akan lebih tinggi. Maka dari itu sangat penting bagi Anda untuk memilih lokasi lahan pembangunan secara seksama dan sesuai budget yang dimiliki.